Our Story

It is a long established fact that a reade.

754
Guru & Karyawan
2779
Jumlah Murid
17
Jumlah Unit Sekolah
30
Lama Berdiri (Tahun)

"Budi Mulia Dua mengembangkan suatu pendidikan dengan pola pembelajaran yang mempersiapkan individu yang matang secara akademis, psikologis, dan sosial. Kami menanamkan pengetahuan yang bulat."

Kusnasriyati Sri Rahayu Amien Rais, Founder BMD

Sejarah Singkat

TK Budi Mulia didirikan oleh Founder kita, Ibu Kusnasriyati Sri Rahayu dan Bapak Amien Rais pada tanggal 26 April 1987.

Sejak mereka muda, Bapak Amien Rais dan Ibu selalu menekankan pentingnya memilliki “Declaration of Life” dalam hidup ini. Artinya, apa tujuan hidup kita di dunia ini. “What is our purpose in life?”

Declaration of Life seorang manusia itu bisa diwujudkan dalam bentuk amal kehidupannya selama di dunia sebagai bentuk tabungan di akhirat nanti. Maka lahirlah Budi Mulia DuA (Dunia Akhirat) sebagai bentuk amalan Dunia untuk tabungan di hari Akhir nanti.

Budi Mulia Dua bermula dari sebuah mushola kecil dari pojok rumah Bapak dan Ibu Amien Rais, yang diubah menjadi sebuah taman kanak-kanak. Dari situlah lahir TK Budi Mulia Dua Pandean Sari di tahun 1987.

Seiring perkembangan dunia pendidikan dan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan pendidikan anak usia dini, maka Budi Mulia Dua juga membuka TK di Terban Yogyakarta, dan kemudian juga dibuka TK dan Playgroup di Seturan dan Sedayu Yogyakarta.

Seiring waktu, dengan ikhtiar yang tidak pernah putus, dan terus berdoa kepada Allah SWT, maka Budi Mulia Dua sekarang telah memiliki 16 unit sekolah yang berjenjang dari baby day care hingga setingkat SMA bahkan hingga para lansia yaitu :

-Baby Day Care Pandean Sari
-Baby Day Care Brojo
-Playgroup dan TK Pandean Sari
-Playgroup dan TK Seturan
-Playgroup dan TK Taman Siswa
-Playgroup dan TK Terban
-Playgroup dan TK Sedayu
-SD Panjen (dulunya di Seturan, sekarang di Panjen)
-SD Pandean Sari
-SD Sedayu
-SMP Panjen
-SMA Panjen
-SMK Panjen
-Qur’an Learning Center (Setara dengan Madrasah Aliyah) Panjen
-GGC (Gold Geriatric Club) Sekolah untuk para lansia.

Total sekolah yang kita miliki adalah: 17 unit sekolah

Disamping lembaga-lembaga pendidikan tersebut, Budi Mulia Dua juga membuka unit-unit usaha seperti : Koperasi Budi Mulia Dua Pandeansari, Koperasi Simpan Pinjam unit Seturan, Swalayan Rahayu, Kantin Rahayu, Modiste Sri Rahayu, Kolam Renang indoor Salsabiela, katering Dapur Kuliner Budi Mulia Dua , dan lain sebagainya.

Semoga roh “Hidup ini adalah ibadah” di Budi Mulia Dua bisa menjadi amal ibadah kami semua yang bergerak di Yayasan ini, dan semoga ke depan, anak didik kita kelak bisa menjadi generasi yang bisa membawa Indonesia menjadi bangsa yang lebih handal dan bisa harum di mata dunia.

Who We Are

Salah satu masalah pelik yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini adalah rendahnya kualitas sumber daya manusianya dibanding dengan bangsa-bangsa lain. Gambaran ini mengindikasikan tidak berhasilnya dunia pendidikan yang diselenggarakan negeri yang gemah ripah loh jinawi ini untuk melahirkan manusia-manusia yang beriman dan bertaqwa, memiliki integritas, keterampilan, peka terhadap lingkungan baik lingkungan fisik, sosial dan budaya, serta memiliki daya saing yang tinggi. Jika ditilik secara mendalam, indikasi di atas memang wajar bisa terjadi. Mengapa demikian? Sebagai institusi pendidikan, sekolah-sekolah yang ada saat ini sebagian besar kurang mampu memberdayakan subyek didik (siswa) secara utuh dan optimal sebagai individu yang unik.

Dalam proses pembelajarannya, sekolah itu tidak dapat mengakomodasi dan menumbuhkembangkan semua potensi (kecerdasan) yang dimiliki siswa. Dengan hanya mengedepankan potensi akademik pada ranah kognitif, model pembelajaran yang dilaksanakan pun masih konvensional, tidak inovatif, tidak kontekstual, kurang bervariasi dan lebih dominan pada hapalan, bukan pemahaman. Akibatnya, siswa-siswa kemudian menjadi manusia yang pasif, tidak peka pada lingkungannya, canggung dalam mengaplikasikan ilmu pengetahuan, ketrampilan, dan kreativitasnya.

Yayasan Budi Mulia Dua berupaya memenuhi kebutuhan tersebut, dengan harapan pendidikan tidak hanya meningkatkan daya pikir, tetapi juga menanamkan kebiasaan belajar sesuai dengan bakat dan minat peserta didik. Pendidikan harus dapat meningkatkan daya pikir, tetapi juga menanamkan kebiasaan belajar sesuai dengan bakat dan minat peserta didik, juga meningkatkan kemampuan dan menanamkan kebiasaan belajar sendiri sesuai dengan bakat dan daya perkembangannya. Pendidikan pun mesti dapat menanamkan pengetahuan yang bulat, dan bukan mengajarkan mata pelajaran secara terpisah. Dengan kata lain, Perguruan Budi Mulia Dua hendak mengembangkan suatu pendidikan dengan pola pembelajaran yang mempersiapkan individu siswa yang matang secara akademis, psikologis, dan sosial. Pola pembelajaran ini tidak saja berlandaskan pada pengetahuan dan nilai universal mengenai gejala alamiah dan sosial, melainkan juga pada moral agama sebagai penuntun ideal.

Salah satunya adalah menjalankan system yang mengacu pada upaya pengembangan kreativitas, yakni system kurikulum berbasis kreativitas.
Pendidikan diharapkan tidak saja melahirkan individu-individu yang cerdas secara teori, akan tetapi juga cerdas dalam menyikapi kebutuhannya, pada masa kini dan pada masa datang.

Meet Our Team

Plugins your themes with even more features.